Archive for the ‘Mobil’ Category

Restorasi Volvo 240

26 May 2011

Perjalanan panjang membuat mobil tua menjadi baik kembali dimulai. Setelah sebelumnya berkutat dengan jip, sekarang coba berkutat dengan sedan eropa tua. Dipilih merk Volvo karena kenyamanan, ketangguhan, dan jarang yang pakai. Diambil seri 240 karena seri ini merupakan salah satu seri yang masa hidupnya paling panjang, serta cikal-bakal seri volvo selanjutnya.

Pada saat mesin dan gearbox turun

Gearbox 5 speed

Bersih-bersih piston

Mesin legenda volvo B230 red block

Mesin baru duduk lagi, setelah dibersih-bersih

Bersama sang adik disamping..

Mesin siap jalan, tapi nanti dulu. Sektor lain belum beres ternyata

Karburator standar kembali disegarkan

Disc brake, bersih-bersih rem, dan kaki depan baru

begitu juga dengan rem dan kaki belakang, selanjutnya apa ya?

kayaknya cat kusem ya..

kerok abis dulu bodi kalau gitu

tuh.. sampe kalengnya keliatan semua..

rupanya pintu kanan depan pernah tabrakan

begitu juga spakbor depan, pernah hancur nih..

perbaikan bodi yang penyok dan dempulan deh mau gak mau

cat dasar udah.. siap masuk oven, biar garing cat nya..

dalam ruangan oven

hasilnya seperti apa ya?? penasarannnn…

mantap.. rapih banget bodinya sekarang, gak malu2in lagi… cuma masih kurang pernak-pernik kecil, masih ada yang belum dapet nih… hehehe…

Cakep banget pake velg “draco” warna gini.. kontras sama warna putihnya.. makin matep aja nih…

Jok rapih, gak ada sobek, interior masih oke…

Bersih-bersih solar Land Rover Td5

22 March 2010

Genap berusia 5 tahun (kalau dihitung dari STNK), atau 5 tahun lebih sedikit (dihitung dari tahun perakitan sesuai VIN), akhirnya Land Rover Defender Td5 mulai “keselek” solar busuk sepertinya. Gejala mulai susah start, performa menurun, asap hitam tebal…

Dugaan utama lemahnya pompa solar, kedua adalah solar busuk, dan ketiga kotornya sistem2 solar ke mesin – injektor. Akhirnya diputuskan untuk membongkar dan menurunkan tangki Defender Td5. Jarangnya populasi mobil ini, membuat kesulitan bengkel, padahal bengkel yang bersangkutan sudah sangat paham Land Rover. Tangki Defender Td5 terbuat dari bahan plastik, dibawahnya di tutup dan ditahan oleh besi. Besi penahan tersebut dibaut ke sasis, tetapi sangat sulit dibuka. Hasilnya, setengah hari untuk turun kan tangki tersebut.

Setelah tangki turun, ternyata tangki lumayan bersih, hanya saja kotoran berkumpul di saringan pompa solar. Saringan dibersihkan, pompa solar di coba di ember berisi solar, dan tekanannya sepertinya masih cukup kuat. Pompa solar tersebut sepertinya sama dengan punya BMW, karena terdapat tulisan BMW di tutup pompa solar tersebut.

Setelah tangki dibersihkan, filter di pompa dibersihkan, pompa solar dicoba dan masih berfungsi baik. maka pompa dirakit kembali. Hati-hati dalam merakit kembali, butuh kehati-hatian tinggi, kesabaran, dan ketelatenan tinggi. Banyak elektronik dan plastik yang mudah hancur. Butuh setengah hari lagi untuk menaikkan tangki tersebut, lagi-lagi kendalanya susahnya menyambungkan besi penahan dengan sasis.

Setelah tangki naik, dicoba masukkan pertamina DEX untuk bersih-bersih dan optimalisasi mesin-injektor. Bila melihat warna solar subsidi dengan pertamina DEX, jauh sekali kemurnian warnanya. Solar subsidi cenderung berwarna kuning kehitaman, banyak buih, alias kandungan air, sedangkan pertamina DEX warnanya kuning jernih (lebih jernih dari premium), tidak berbuih.

Setelah kurang lebih 15menit dihidupkan pakai pertamina DEX, tangki dicampur dengan solar subsidi, dengan komposisi 1:1, ditambahkan aditif solar dari redline 85 plus. Hasilnya adalah maknyus! Tenaga melimpah, asap knalpot tidak hitam (cenderung putih abu-abu), dan yang terpenting (mudah-mudahan) dalaman mesin-injektor segar dan bersih kembali…

Kesimpulannya, perlu juga untuk bersih-bersih tangki dan filter didalam pompa tersebut. Sepertinya perlu membuat lubang dari dalam cabin belakang, gunanya untuk memudahkan menurun kan tangki, tanpa membuka besi penahan yang terbaut dengan sasis. Lubang tersebut dalam forum Land Rover di Inggris pernah dibicarakan (lebih baik coba googling). Mesin Td5 baiknya memang memakai solar dengan spec tinggi, karena mesin tersebut dibuat agar memenuhi standar EURO 3. Perlu juga aditif solar untuk bersih-bersih sistem solar dan mesin-injektor…

Reduksi Emisi CO2 dengan Capture dan Storage

13 May 2009

Reduksi emisi gas karbon dioksida (CO2) ternyata banyak manfaatnya. Secara kesehatan, reduksi ini berguna menyegarkan udara yang kita hirup, membuat kita lebih bebas dan sehat menghirup udara terutama di perkotaan. Pada gambar 1, Indonesia sudah cukup meyumbang CO2 yang cukup besar kepada dunia.

Secara ekonomi, ternyata juga menguntungkan, karena pengurangan emisi gas tersebut menuntut berbagai produsen atau pabrik yang mengeluarkan CO2, memproduksi sebuah barang atau benda yang bisa menekan emisi gas tersebut. Dampak nya apa? bahwa produk tersebut ternyata meningkatkan mutu dan daya tahan barang. Mengapa demikian? karena pabrik tersebut terpaksa menggunakan teknologi baru dan ramah lingkungan, sehingga produk yang dihasilkan lebih bermutu dengan teknologi terkini.

Picture2gambar 1. Emisi CO2 dunia pada tahun 2005

Pada kendaraan bermotor yang telah berstandarisasi EURO 2, maka gas pembuangan kendaraan akan memenuhi batas CO2 yang diberikan. Hasilnya adalah pembakaran yang lebih baik, sehingga konsumsi bahan bakar kendaraan lebih irit dari sebelum EURO 2.

Emisi CO2 terbesar adalah dari sektor energi (pembangkit listrik) dan transportasi. Bila dalam sektor transportasi salah satunya dengan pembatasan gas buang, dalam sektor pembangkit listrik bisa dengan menggunakan energi alternatif. CO2 tersebut juga dapat digunakan untuk menambah produksi energi. Jadi pembatasan emisi gas buang sangatlah menguntungkan. Coba kita lihat lagi untuk sektor industri, dan sektor geologi (gambar 2).

Mengutip dari harian cetak Kompas (minggu pertama Mei 2009), terdapat sebuah perusahaan pemurnian karbon dioksida dari gas pembuangan pabrik di daerah Cilegon. Perusahaan tersebut beroperasi dengan menghasilkan karbon dioksida cair 3 ton per jam yang diambil dari CO2 PT Krakatau Steel. Menurut perusahaan tersebut, sebanyak 72 ton CO2 per hari langsung habis diserap pasar. Hasil pemurnian CO2 tersebut dipakai untuk proses pengawetan makanan, ikan, industri pengelasan, minuman ringan, hingga fumigasi. Selain dari pada itu, pemurnian CO2 juga dipakai untuk dijual dengan mekanisme pembangunan berih, dengan sertifikat pengurangan emisi per tonnya mencapai 10 euro.

Picture1

gambar 2. reduksi emisi CO2 dimanfaatkan dalam geologi.

Dalam halnya capture dan storage, skema ini dapat dipakai untuk menambah produksi minyak dan gas bumi, serta pada coal bed methane (CBM). Cara ini dipakai untuk enhanced oil recovery (EOR) yang membantu minyak dapat naik dari reservoir ke permukaan untuk di produksi (gambar 3). Dalam hal ini CO2 yang di tangkap (capture) dari berbagai tempat, seperti pabrik, di injeksikan kedalam reservoir melalui suatu lubang pemboran, kemudian pada sisi lubang pemboran lain minyak di produksi. Reservoir minyak dan gas bumi yang membentuk antiklin (depleted) juga dapat menjadi tempat yang baik untuk meyimpan CO2 ini. CO2 akan tersimpan dengan baik karena tertahan oleh batuan penutup (seal rock).

Picture20

gambar 3. beberapa metoda EOR.

Penggunaan lain adalah untuk membantu memproduksi CBM, metodanya sama seperti minyak, hanya saja kali ini pada lapisan batubara. CO2 tersebut juga dapat disimpan pada lapisan batubara yang tidak ditambang. Dalam hal ini, batubara tersebut kemungkinan memiliki kedalaman yang cukup dalam, sehingga kurang ekonomis untuk dikerjakan (gambar 2).

Penyimpanan CO2 lain adalah dengan menginjeksikannya kedalam akuifer di darat dan di laut (gambar 4).

gainen

gambar 4. skema penyimpanan CO2 pada akuifer.

Mineralisasi dengan bantuan CO2, dapat memberikan karbonisasi pada mineral yang berguna untuk kehidupan. Sebagai contoh pada gambar 5 dibawah adalah pencampuran batuan dengan CO2 menghasilkan mineral magnesit dan silika karbonat yang berguna. Produk lainnya adalah serpentinit dan dunit, seperti Ni, Co, Cr, Fe dan Mn.

Picture33

gambar 5. penggunaan CO2 pada mineral.

Pada gambar 6 dibawah ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan CO2 dalam rangka capture dan storage berguna untuk produksi migas, CBM, mineral, dan membantu mengurangi CO2 dengan menyimpannya di formasi geologi. CO2 didapatkan dari berbagai pabrik, pembangkit listrik, dan pabrik petrokimia. Nantinya CO2 ini akan menjadi siklus yang baik, dengan dimanfaatkannya lagi hasil pengolahan tersebut menjadi berbagai komoditas mineral, industri, dan membantu produksi migas.

Picture3gambar 6. skema reduksi CO2 dengan capture dan storage.

Sebenarnya dimana potensi pengembangan ini bisa diterapkan di Indonesia?

Picture4

Jalan VS Pejabat

13 November 2008

Setelah beberapa kali pernah membaca tulisan dari orang2 mengenai pejabat yang selalu berwenang di jalan, akhirnya saya pernah mengalaminya. Pada hari Rabu, tanggal 5 November 2008, saya mengalami sebuah kejadian yang cukup menguras perhatian saya.

Pada jam 14.30, cuaca hujan, saya mengeluarkan mobil dari garasi rumah. Mobil mundur dari garasi menuju jalan imam bonjol, jalan yang tidak pernah sepi dari kendaraan yang lalu lalang. Jalan tersebut selain jalan alternatif ke dago dan dipatiukur, juga jalan perumahan, sehingga banyak mobil2 tamu yang parkir di pinggir jalan. Mobil saya dalam posisi muka menghadap ke rumah, bukan ke jalan. Melihat kanan-kiri kosong, saya menurunkan mobil, dengan pantat mobil mengarah ke utara, dan pandangan saya ke arah selatan. Saya berniat berjalan ke arah selatan.

Pertama yang terlihat saat mobil menghadap ke selatan adalah, sebuah mobil Toyota Ist berwarna coklat. Dengan pengalaman tinggal dan mengemudi beberapa tahun di jalan imam bonjol tersebut, saya mengetahui bahwa mobil tersebut tidak mau memberikan kesempatan untuk saya berjalan ke arah selatan. Kondisi saat itu, melihat pandangan ke depan, di sebelah kiri, mobil parkir berderet dengan menyisakan suatu celah kecil. Melihat pandangan ke belakang, di sebelah kanan, mobil juga parkir berderet.

Mobil Toyota tersebut terus saja masuk ke arah utara, menghampiri mobil saya. Spontan dan refleks, saya mempersilahkan dia lewat, dengan cara memasukkan mobil saya ke celah kecil di kiri. Telah terpikir oleh saya bahwa mobil tersebut akan sangat mepet ke mobil saya. Pada saat tersebut, saya mengemudikan mobil yang cukup lebar yaitu Land Rover Defender.

Menyisakan jalan yang sempit, mobil Toyota tersebut tetap saja melaju dengan memaksakan kendaraannya. Begitu lewat setengah badan mobil, sepertinya dia mulai menggeser trotoar di sebelah kirinya, dan mulai menggeser karet foot step bagian kanan mobil saya. Pada saat itu, saya tidak merasakan gesekkan tersebut, hanya saja, dari mobil Toyota terdengar teriakkan “kena..kena..”. Saya melihat kearah jendela kanan, memang mobil sudah seperti menempel. Mobil Toyota pun diam dan tidak berani bergerak. Mobil tersebut dikendarai oleh wanita mahasiswa berumur sekitar 18-20 tahun. Saya pun spontan melepaskan gesekkan tersebut dengan cara memundurkan sedikit mobil saya ke arah utara. Hasilnya, kedua gesekkan terlepas dan kami pun sama2 bisa berjalan. Mobil Toyota ke arah utara, mobil saya ke arah selatan. Kami pun sempat diam sejenak. Saya melihat ke arah belakang, seperti tidak ada apa2, dan saya pikir memang dia yang salah, memaksakan untuk masuk, saya pun berpikir “yah sudah lah.. gak usah jadi masalah.. saya gak mau minta ganti juga..” saya melanjutkan perjalanan.

Tiba2 dia mengikuti saya, dan saya pun berhenti. Keluarlah 2 pria dan 1 wanita mahasiswa. Mereka berkata, kalau saya kabur, tidak mau mengakui kesalahan saya, dan tidak mau mengganti. Saya mengajak damai saja, tetapi mereka berkata untuk segera ke polisi. Pada saat itu, saya mau mengikuti kemauan mereka untuk ke polisi. Segera saja saya jalankan mobil saya ke kantor polisi lalu lintas di jalan jawa. Perjalanan ke polisi saat itu cukup macet dan hujan, kurang lebih perjalanan sekitar 15 menit.

Sesampainya di polisi, saya menceritakan kejadian tersebut. Tetapi polisi hanya bisa mengatakan “damai saja.. jangan dibesar2kan..” Saya pun meminta damai, tetapi dari pihak sebelah tidak mau damai. Mulai ada beberapa kecurigaan saat saya melihat sekitar, bahwa ada beberapa orang TNI datang. Tidak lama kemudian, seorang ibu datang, ternyata ibu dari wanita yang mengemudikan Toyota tersebut. Ibu tersebut meminta menceritakan kejadian, dan meminta polisi memastikan siapa yang salah. Lagi2 polisi tidak dapat menentukan siapa yang salah. Kemudian si ibu meminta polisi ke TKP dan mengurusi masalah ini sampai selesai. Ibu tersebut kemudian keluar, melihat mobilnya yang rusak.

Kecurigaan pun semakin kuat, karena polisi2 berpangkat pun mulai keluar dari kantor, menemani sang ibu. Saat ibu tersebut melihat mobilnya diluar, saya di dalam kantor polisi. Seorang TNI mulai berbicara ke saya agar segera meminta maaf dan mengganti mobil ibu tersebut. Mengapa jadi saya yang harus meminta maaf dan mengganti? Setelah itu, seorang polisi mengatakan ke saya, kalau keluarga tersebut, adalah keluarga pejabat TNI bintang satu. Kecurigaan pun terjawab!

Dengan berbaik hati, saya pun keluar, ikut melihat mobil. Dengan rendah hati, saya pun meminta maaf, dan meminta berdamai. Biarlah saya yang meminta maaf, walaupun saya tidak merasa salah. Bukankah kita lebih baik memaafkan? Tetapi apa yang dikatakan? Ibu tersebut mengatakan bahwa foot step saya dalam keadaan terbuka menonjol keluar, sehingga menabrak mobilnya. Spontan saja saya berkata “demi Tuhan, saya tidak pernah membuka foot step tersebut”. Dengan angkuh, ibu tersebut terus menuduh saya.

Pada saat tersebut, kondisinya adalah menunggu polisi bersiap ke TKP. Sang ibu tetap mengobrol dengan ajudan TNI-nya dan melihat mobilnya. Sedangkan saya bersandar di tembok, dengan dikelilingi beberapa orang ajudan. Ajudan tersebut berkata ke saya agar segera meminta maaf, segera mengaku salah, segera mengganti mobil tersebut. Saya pun hanya menjawab bahwa saya mengikuti saja apa kemauan sang ibu, dengan segera ke TKP.

Tidak lama kemudian, polisi siap ke TKP, sang ibu memerintahkan ajudannya agar menyelesaikan kejadian ini. Sang ibu pun pergi dengan mobil Toyota Harrier hitamnya meninggalkan kami. Lho? Ibu tersebut yang mau tau kejadian dan minta ke TKP, tetapi kita malah ditinggal dan menyuruh ajudannya. Oke, saya tidak mempermasalahkannya, kami pun berangkat ke TKP, yaitu depan rumah saya sendiri.

Sesampainya di TKP, polisi mulai mengukur-ukur TKP. Wanita pengemudi mobil Toyota pun ditanya2 polisi dengan detail. Wanita tersebut didampingi oleh beberapa ajudannya. Saya hanya ditanya sebagian kecil saja oleh polisi. Selesai polisi menggambar, merekam TKP, kami pun diharuskan ke kantor polisi kembali. Waktu saat itu telah menunjukkan pukul 17.00.

Sesampainya di kantor polisi, saya kembali duduk, meminta untuk damai. Tetapi tetap sang ajudan meminta ganti rugi yang telah saya perbuat atas mobil atasannya. Tiba2 saja saya mendengar kata2 mengganti sejumlah uang beberapa juta, padahal itu hanya permintaan sang ajudan. Saya pun bukan orang yang tidak mengerti mobil, saya juga mempunyai bengkel rekanan, dan saya berpikir tidak mungkin sampai berjuta-juta kalau hanya kecil seperti itu.

Polisi kemudian membuat berita acara untuk diajukan ke pengadilan. Benar saja! Polisi telah salah menggambar TKP saya, sehingga saya telah dirugikan dengan cara saya yang menabrak mobil Toyota tersebut. Saya pun bersikeras untuk segera merubah gambar TKP dan berita acara. Akhirnya, polisi mau mendengarkan saya dan membantu membuat berita acara sesuai kejadian.

Selesai pembuatan berkas2 pengadilan, saya pun kembali mengobrol dengan ajudan, meminta berdamai. Lagi2 kata2 tidak mungkin, keluar dari sang ajudan, dan tetap meminta ganti rugi berjuta2. Akhirnya tanpa jalan keluar, mereka pun meminta untuk melanjutkan perkara kecil ini ke pengadilan. Tidak ada lagi kata2 yang bisa saya ungkapkan, melihat jam sudah pukul 19.30.

Saya pun kembali ke rumah dengan surat pengadilan di tangan. Dengan koneksi yang saya punya, saya pun mencari tau, siapakah orang berbintang tersebut. Saya mempunyai beberapa identitas wanita pengemudi Toyota tersebut, berinisial N, mahasiswi fakultas hukum, Universitas Pajajaran Bandung.

Saat ini saya hanya mengikuti prosedur yang ada. Tidak ada kata2 yang saya bisa keluarkan, selain memohon doa dari Tuhan YME. Yang saya sesalkan adalah, mengapa polisi dan TNI sebagai yang berwenang, melindungi masyarakat, tidak dapat netral diantara kedua belah pihak? Mengapa begitu banyak ajudan yang keluar dari sarangnya, padahal hanya masalah sepele seperti ini? Mengapa saya disuruh oleh ajudan untuk meminta maaf, mengganti sejumlah uang untuk atasannya? Mengapa wanita anak TNI pengemudi Toyota bisa berhubungan langsung dengan ajudan TNI? Mengapa sang ibu seperti memberikan perintah ke ajudan, sehingga ajudan seperti mempunyai kekuasaan atas kejadian ini? apakah pejabat yang mempunyai jalan, mempunyai kekuasaan, mengendalikan semua ini, sehingga kita tidak dapat lagi bergerak di jalur yang biasa kita lewati? Saya tidak mengerti aturan di TNI, tetapi hal2 tersebut banyak memberikan keraguan atas kejadian ini.

Saya hanya ingin meminta maaf apabila ada yang merasa dirugikan, disalahkan atas kejadian ini. Saya mau meminta maaf atas apa yang telah terjadi. Terakhir, saya mau menghimbau, agar lebih berhati2 dijalan. Semoga hal2 seperti ini tidak terulang pada pengguna jalan yang lain. Terima kasih.

-Ibrahim Lubis-

BMW E30 (jamannya retro???)

7 September 2008

kita lihat-lihat di jalan, di majalah, di tv, bahkan beberapa waktu lalu ada pameran mobil classic, sepertinya lagi jamannya mobil-mobil classic dan retro… beberapa sangat mulus, bahkan lebih mulus dari mobil-mobil baru yang beredar dijalan…

kemarin, berkedok buka puasa bareng, saya nemuin temen (wisnu -alumni GL-ITB 2005-) dengan mobil retronya… apakah mobilnya??? BMW E30 325i 4pintu, matic… widihhh!!! dapet dari mana nih??? asik banget tuh…

liat-liat info tentang BMW E30, mengutip dari wikipedia, “The E30 automobile platform was the basis for the 1981 through 1991 BMW 3 Series entry-level luxury car / compact executive car“. Mobil ini masuk ke Indonesia kurang lebih juga sampai tahun 1990an awal.. tetapi kalau tidak salah, yang masuk adalah 318i manual, 4 pintu.. lebih dikenal dengan mesin M40 nya..

berikut ini perbandingan mesin 318i vs 325i punya temen saya..

1982-1987 318i – 1.8 L M10B18 I4, 105 hp (77 kW)

1987-1993 318i – 1.8 L M40B18 I4, 115 hp (85 kW)

1985-1991 325i – 2.5 L M20B25 I6, 170 hp (125 kW)

sepertinya cukup mengasikkan mesinnya.. “The German version of the M20B25 produced 170 hp with a catalytic converter and 171 without. It featured “885″ head with larger ports and valves, 84 mm (3.3 in) bore, and 75 mm (3 in) stroke. Most significantly it had redesigned pistons and combustion chambers for better power, more resistance to detonation and higher thermodynamic efficiency. It was equipped with Bosch Motronic 1.1/1.3 Adaptive fuel injection”.

wah.. makin membayangkan.. kalau dapet yang 2 pintu, makin mengasikkan lagi nih.. kayak foto diatas.. cuma lagi-lagi yang terbayang adalah, spare part yang selangit harganya.. saya sedikit cape sama pengalaman BMW.. pernah punya E36, E46, E38, selalu saja masalah ketahanan dan elektrik, sepertinya tidak cocok dengan iklim tropis Indonesia.. hmm, mungkin bisa tanya salah satu teman saya yang hampir membangun dari nol E39 nya (Pak Adinoto -dikenal juga macnoto-)..

pada akhirnya cukup membandingkan mobil saya dengan mobil teman saya saja deh.. keliatan cuma setengah dari tinggi mobil saya.. hehehe..

Landy Final 22-08-2008

24 August 2008

Ini dia yang ditunggu-tunggu.. akhirnya setelah penantian panjang.. selesai juga mobil saya dari bengkel.. kurang lebih hampir 2.5 bulan di bengkel spesialis land rover.. bengkel tersebut profile nya dapat dilihat di tabloid otomotif minggu ini (20 Agustus 2008).. sesuai judul di tabloid tersebut, “dari pickup ke wagon”, ini lah transformasi mobil saya..

tampak depan yang berubah hampir tidak ada, cuma penambahan tulisan “land rover” di depan kap mesin, seperti land rover defender 2008.. ada sedikit penambahan roll cage hingga belakang, plus modifikasi roof rack, dan penambahan lampu hella halogen 4 buah di roof rack..

tampak belakang berubah banyak, sekarang jadi full body (wagon).. penggantian berupa atap full cabin, kaca belakang, pintu belakang, panel-panel body belakang, mirip dengan defender 2008.. dudukan ban serep sedikit di modifikasi.. plus working lamp yang tadinya disamping, pindah ke belakang..

interior belakang sekarang punya dua buah bangku hadap depan yang dapat dilipat bila tidak terpakai, cabin lebih luas dan lega karena sekat pembatas antara depan dan belakang dibuang, diganti dengan roll bar penahan.. akibat dari ini jok depan dapat reclining.. ide-ide ini diambil dari land rover defender 2008..

Pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada:

  1. Kedua orang tua, yang telah memberikan support
  2. Pak Athiam dan crew, bengkel spesialis land rover di Jakarta
  3. Kang Iwan dan crew, bengkel spesialis land rover di Bandung
  4. Teman-teman land rover, dll yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu..

Selamat menikmati mobil baru.. kalau ada kekurangan, kasih tau yah, biar bisa tambah-tambahin lagi…

Penurunan Harga Minyak Dunia

26 July 2008

Menarik diikuti perkembangan harga minyak dunia saat ini.. Setalah bertubi-tubi naik hampir ratusan persen, seminggu ini, harga minyak dunia turun cukup drastis..

Saya kutip dari salah satu media, “Pada perdagangan Jumat (25/7/2008) di New York, minyak jenis light kembali turun 1,55 dolar ke level US$ 123,94 per barel. Harga sempat menyentuh US$ 122,50 per barel, yang merupakan terendah sejak 5 Juni. Sementara minyak jenis Brent turun hingga 1,47 dolar ke level US$ 124,97 per barel”.

Hal ini sangat mengejutkan, dimana tadinya ekonomi negara-negara dunia anjlok karena tingginya harga minyak dunia, tetapi saat ini ekonomi mulai stabil dikarenakan harga minyak dunia yang terus turun.. Kecendrungan yang ada adalah bahwa musim panas membutuhkan energi lebih, sehingga biasanya harga minayk dunia akan naik..

Penurunan ini tidak lain karena semakin sadarnya orang akan mahalnya harga minyak bumi.. Penurunan konsumsi akan minyak dunia merupakan pemicu turunnya harga minyak bumi.. Amerika Serikat sebagai negara terboros konsumsi minyak bumi, telah dapat menurunkan konsumsinya hampir 300.000 barel per hari. Berbagai negara di eropa juga mulai membatasi pemakaian BBM untuk negaranya.. Mahalnya harga minyak bumi, menuntut manusia untuk berpikir jernih, berpikir lebih maju, dan berpikir dewasa akan pentingnya minyak bumi di masa mendatang.. Mereka mencoba mengurangi konsumsi agar tidak tertekan harga minyak bumi yang mahal, dan segera beralih ke energi baru yang lebih ekonomis..

Kenaikkan produksi minyak bumi negara-negara OPEC juga memberikan titik cerah, dimana mereka dapat memenuhi tuntutan akan tingginya permintaan akan minyak bumi.. Beberapa lapangan produksi minyak bumi terus berkembang, dan terdapatnya sumber-sumber baru ekonomis, sehingga turut menurunkan harga minyak bumi.. Hal-hal tersebut diatas yang dapat memberikan perbaikan untuk harga minyak dunia.. Dengan harga minyak dunia yang turun dan relatif stabil, maka perekonomian di negara-negara akan membaik..

Bagaimana dengan Indonesia???

Saya kira tidak demikian.. Mengapa? karena kita dapat lihat, bahwa kota-kota besar semakin semeraut. Kemacetan, pemborosan energi, polusi, pemadaman listrik, ekonomi yang tidak menentu, membuat negara kita semakin boros akan energi.. Kita lihat saja dijalan, semakin banyak kendaraan bermotor, kendaraan pribadi terutama.. Kemacetan berjam-jam, berkilo-kilo meter.. Polusi udara yang semakin menjadi.. Serta krisis energi listrik.. Merupakan contoh-contoh pemborosan energi..

Sekiranya pemerintah dapat lebih berperan aktif dalam memerangi pemborosan energi ini.. Seperti menggalakkan transportasi umum.. Menaikkan harga BBM ke harga jual pasar, sehingga orang sadar akan pentingnya BBM.. Memberikan pajak kendaraan bermotor berdasarkan gas buangnya.. Memberikan harga lebih tinggi ke pemakai listrik, dan masih banyak lagi..

diatas merupakan kemacetan yang terjadi di jalan-jalan Jakarta, di sebalah kanan, merupakan rambu-rambu bengkel uji emisi. Sekiranya uji emisi lebih dapat digalakkan untuk memberikan pajak yang sesuai dengan gas emisi masing-masing kendaraan. Dengan membaiknya emisi kendaraan, sehingga kendaraan yang tidak lulus uji emisi, tidak dapat memperpanjang pajak kendaraannya. Membaiknya emisi kendaraan, membuat kendaraan boros BBM akan berkurang. Nantinya, kita dapat mencontoh negara-negara eropa, dimana tekanan gas emisi kendaraan akan mengurangi konmsumsi BBM negaranya..

Landy Update 30-06-2008

30 June 2008

ini nih foto terupdate -30 Juni 2008- dari sebuah bengkel.. nampak sadis!!

saya juga gak nyangka bakal terondol habis.. beberapa bagian untuk bodi belakang sudah jadi, tinggal pasang + cat.. tunggu saja perkembangan selanjutnya..

Land Rover asli, belum berubah..

22 June 2008

Setelah hampir 3 tahun lamanya Land Rover Defender ini saya pakai, dengan pickup (batok) nya yang hanya bisa 2 orang, akhirnya ada keinginan merubahnya.. berhubung harga BBM semakin mencekik, saatnya mobil2 diesel berasa agak enak dikantong..

Perubahannya akan lebih bersifat fungsional sebagai mobil operasi. Dengan konsumsi BBM yang lebih hemat dan harga BBM solar lebih murah, kemungkinan akan menekan biaya pengeluaran.. Tunggu saja perubahannya.. segera saya update..

Berikut ini gambarnya, sebelum perubahan tanggal 16 Juni 2008…


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.