Hak angket untuk MIGAS?

minggu ini, berita di media masa banyak membahas mengenai hak angket.. sebenernya gimana sih hak angket tersebut? saya pikir ini untuk membantu pemerintah agar dapat keluar dari kecaman rakyat yang menolak harga BBM naik.. tetapi saya pikir, jangan sampai hak angket ini lah yang nantinya dapat menjatuhkan suatu kenegaraan atau memperburuk situasi ekonomi Indonesia..

seperti kita ketahui bersama, dunia ini sedang mengalami krisis minyak.. semua negara di dunia menaikkan harga BBM nya.. di belahan dunia lain, orang juga protes akan naiknya harga BBM.. Amerika serikat mendesak negara OPEC atau khususnya Arab saudi agar dapat menaikkan produksi minyaknya.. Niat baik Arab saudi alangkah baiknya kita lihat, mereka mau menaikkan produksi minyaknya sekitar 500.000 barel per hari.. sungguh angka yang cukup besar, bila kita bandingkan dengan produksi minyak Indonesia per hari..

pertemuan darurat di Jeddah, Arab saudi telah berlangsung.. pertemuan itu tidak lain agar solusi akan minyak bumi ini, terdapat jalan keluar.. disaat negara lain membicarakan pertemuan darurat mengenai migas, Indonesia malah berkutat dengan hak angket.. saya kira sesuatu yang lucu DPR malah membahas hal ini.. alangkah baiknya kalau bapak-bapak pemimpin bangsa dapat bersatu membicarakan krisis energi ini dengan lebih terbuka.. lihat negara diluar sana.. mereka lebih menujukan pembicaraan mengenai, bagaimana energi ini dapat dihemat, dapat tergantikan, dan mendapat eksplorasi baru..

saya pikir bukan saatnya lagi membahas, bagaimana BBM bisa murah.. tetapi lebih membahas, bagaimana BBM dapat dihemat dan menaikkan produksi migas, agar rakyat Indonesia tidak lagi keberatan dengan harga BBM yang tinggi.. toh harga BBM yang tinggi bukanlah kemauan pemimpin bangsa, melainkan berdasarkan mekanisme pasar yang terjadi diseluruh dunia..

sudah saatnya kita bisa lebih berpikir jernih.. bahwa BBM akan semakin mahal dan langka.. saatnya berpikir menuju energi lain.. dan bagaimana eksplorasi dan produksi migas di Indonesia dapat terus berkembang, sehingga pada suatu saat “mungkin” kita dapat kembali menjadi negara pengekspor migas OPEC..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: