Konsumsi dan Produksi Turun, Harga Minyak Stabil

Mengikuti perkembangan harga minyak dunia saat ini sangatlah fluktuatif. Setelah harga minyak dunia turun, sempat turun sampai titik terendah sekitar US$ 30 / barel, sekarang ini kalau kita lihat, sudah cukup stabil di kisaran US$ 40-45 / barel.

Kestabilan harga ini dicapai akibat adanya kestabilan antara konsumsi dan produksi. Setelah dilaporkan konsumsi minyak di negara-negara maju turun, saat ini konsumsi minyak sedikit naik dan relatif stabil. Penurunan ini merupakan dampak dari pelemahan aktivitas ekonomi dunia. Setelah adanya suntikan dana-dana baru di beberbagai negara, ekonomi dunia sedkit terdongkrak.

Naiknya ekonomi membuat konsumsi minyak dunia telah memperlihatkan kestabilan, dimana negara-negara maju seperti Amerika dan UE telah berangsur-angsur pulih. Akibat penurunan konsumsi, minyak dunia sempat turun sangat drastis dari titik tertinggi pertengahan tahun lalu. Untuk menyesuaikan dengan konsumsi yang menurun, produksi minyak sedikit ditahan, agar stok minyak tidak melebihi kapasitas konsumsi.

OPEC sebagai negara-negara penghasil minyak dunia telah menurunkan produksinya. OPEC menurunkan produksinya sebesar 2,2 juta barel / hari pada September 2008. Pada bulan Desember 2008, OPEC kembali menurunkan produksinya. Total pemotongan produksi sejak September 2008 sampai Desember 2008 sebesar 4,2 juta barel / hari. Jumlah produksi OPEC saat ini adalah 24,85 juta barel / hari.

Akibat pemangkasan produksi dan konsumsi yang telah stabil tersebut, dapat kita lihat dampaknya berupa harga minyak yang relatif lebih stabil juga.

Bagaimana dengan Indonesia???

Pemerintah beruntung, subdisi menurun, bahkan sempat surplus, impor minyak murah. Memenuhi kebutuhan domestik sangatlah mudah. Tetapi tidak begitu saja. Harga ekspor minyak dan gas kita ikut murah. Konsumsi dunia yang turun, ikut juga berdampak dengan ekspor minyak dan gas kita.

Minyak dan gas yang kita ekspor untuk beberapa saat ini tidak terjual ke negara-negara pembeli. Akibatnya stok sedikit menumpuk. Ada baiknya memang minyak dan gas yang belum terekspor kita pakai untuk kebutuhan dalam negeri. Setidaknya kita bisa menikmati minyak dan gas kita yang memiliki kualitas bagus. Langkah pemerintah sudah baik, tinggal dilaksanakan. Ikut-ikut iklan kampanye… “Ayo LANJUTKAN”

picture-004

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: