Wilayah Kerja dan Split Keuntungan CBM Indonesia

CBM (coal bed methane) atau disebut juga Gas Metana Batubara (GMB) merupakan energi alternatif yang sangat potensial pada saat ini. GMB ini sedang gencar-gencarnya dikembangkan di Indonesia melalui beberapa wilayah kerja yang sangat berpotensi di Indonesia. Wilayah kerja yang dilelangkan merupakan wilayah yang dalam peta cekungan batubara memiliki formasi pembawa batubara yang baik, dan sudah terbukti memiliki batubara yang mempunyai potensi tinggi.

Untitled

GMB nantinya bisa saja berbarengan dengan penambangan batubara, hanya saja benefitnya adalah batubara dalam yang tidak bisa ditambang, akan diambil gas metananya untuk sumber energi baru. Benefit lainnya adalah dapat menggunakan infrastruktur yang sudah ada, seperti mengikuti pemboran minyak dan gas bumi, serta ikut dalam pipa-pipa yang sudah ada.

Pemerintah mengumumkan penawaran tiga wilayah kerja Gas Metana Batubara (WK GMB) melalui lelang penawaran langsung tahap satu tahun 2009. Ketiga wilayah kerja itu merupakan hasil studi bersama dua blok dan evaluasi bersama antara pemerintah dengan perusahaan yang mengusulkan.

Tiga wilayah kerja yang ditawarkan adalah Wilayah Kerja Gas Metana Batubara (GMB) Barito di Kalimantan Selatan, WK GMB Rengat di Sumatera Tengah, dan GMB Sanga-Sanga di Kalimantan Timur.

Ketentuan dan syarat yang diberlakukan terhadap ketiga WK GMB yang ditawarkan tersebut adalah FTP sebesar 10 persen, split (pemerintah:kontraktor) dengan perbandingan 55:45, seiling cost recovery 90 persen selama kontrak setelah produksi komersial.

Selain itu Ditjen Migas menawarkan satu wilayah kerja produksi melalui lelang penawaran langsung yaitu Blok Langgak, daratan Riau. Wilayah kerja produksi ini khusus ditawarkan hanya kepada Badan Usaha atau perusahaan nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: