Bersih-bersih solar Land Rover Td5

Genap berusia 5 tahun (kalau dihitung dari STNK), atau 5 tahun lebih sedikit (dihitung dari tahun perakitan sesuai VIN), akhirnya Land Rover Defender Td5 mulai “keselek” solar busuk sepertinya. Gejala mulai susah start, performa menurun, asap hitam tebal…

Dugaan utama lemahnya pompa solar, kedua adalah solar busuk, dan ketiga kotornya sistem2 solar ke mesin – injektor. Akhirnya diputuskan untuk membongkar dan menurunkan tangki Defender Td5. Jarangnya populasi mobil ini, membuat kesulitan bengkel, padahal bengkel yang bersangkutan sudah sangat paham Land Rover. Tangki Defender Td5 terbuat dari bahan plastik, dibawahnya di tutup dan ditahan oleh besi. Besi penahan tersebut dibaut ke sasis, tetapi sangat sulit dibuka. Hasilnya, setengah hari untuk turun kan tangki tersebut.

Setelah tangki turun, ternyata tangki lumayan bersih, hanya saja kotoran berkumpul di saringan pompa solar. Saringan dibersihkan, pompa solar di coba di ember berisi solar, dan tekanannya sepertinya masih cukup kuat. Pompa solar tersebut sepertinya sama dengan punya BMW, karena terdapat tulisan BMW di tutup pompa solar tersebut.

Setelah tangki dibersihkan, filter di pompa dibersihkan, pompa solar dicoba dan masih berfungsi baik. maka pompa dirakit kembali. Hati-hati dalam merakit kembali, butuh kehati-hatian tinggi, kesabaran, dan ketelatenan tinggi. Banyak elektronik dan plastik yang mudah hancur. Butuh setengah hari lagi untuk menaikkan tangki tersebut, lagi-lagi kendalanya susahnya menyambungkan besi penahan dengan sasis.

Setelah tangki naik, dicoba masukkan pertamina DEX untuk bersih-bersih dan optimalisasi mesin-injektor. Bila melihat warna solar subsidi dengan pertamina DEX, jauh sekali kemurnian warnanya. Solar subsidi cenderung berwarna kuning kehitaman, banyak buih, alias kandungan air, sedangkan pertamina DEX warnanya kuning jernih (lebih jernih dari premium), tidak berbuih.

Setelah kurang lebih 15menit dihidupkan pakai pertamina DEX, tangki dicampur dengan solar subsidi, dengan komposisi 1:1, ditambahkan aditif solar dari redline 85 plus. Hasilnya adalah maknyus! Tenaga melimpah, asap knalpot tidak hitam (cenderung putih abu-abu), dan yang terpenting (mudah-mudahan) dalaman mesin-injektor segar dan bersih kembali…

Kesimpulannya, perlu juga untuk bersih-bersih tangki dan filter didalam pompa tersebut. Sepertinya perlu membuat lubang dari dalam cabin belakang, gunanya untuk memudahkan menurun kan tangki, tanpa membuka besi penahan yang terbaut dengan sasis. Lubang tersebut dalam forum Land Rover di Inggris pernah dibicarakan (lebih baik coba googling). Mesin Td5 baiknya memang memakai solar dengan spec tinggi, karena mesin tersebut dibuat agar memenuhi standar EURO 3. Perlu juga aditif solar untuk bersih-bersih sistem solar dan mesin-injektor…

3 Responses to “Bersih-bersih solar Land Rover Td5”

  1. inoi Says:

    om..ada referensi bengkel land rover ga? baru beli defender tdi200 pingin servis. tolong infonya yah :)

  2. macnoto Says:

    cakepp.. bisa dipinjem ga nih TD5 nya om :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: